54 Anggota Panwas Kecamatan Se-Kabupaten Kutai Kartanegara Resmi dilantik.

54 Anggota Panwas Kecamatan Se-Kabupaten Kutai Kartanegara Resmi dilantik.
Pengambilan sumpah anggota panwaslu kecamatan

Bawaslu Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Anggota Panwas Kecamatan Se-Kabupaten Kutai Kartanegara Pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020. Senin (23/12/19)

Bertempat di Hotel Grand Elty Tenggarong, sebanyak 54 orang Anggota Panwas Kecamatan dari 18 Kecamatan di Kab. Kukar telah resmi dilantik.

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji Panwas Kecamatan terpilih se-Kab Kukar dilakukan oleh Ketua Bawaslu Kab Kukar M. Rahman setelah sebelumnya dibacakan SK Pelantikan oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kab. Kukar Rusmini. Setelah prosesi pelantikan dan sumpah jani selesai dilanjutkan dengan pembacaan fakta integritas diwakili salah satu anggota panwas kecamatan yang memandu dan di ikuti anggota panwas kecamatan lainnya.

Sambutan Ketua Bawaslu RI yang diwakili oleh Ketua Bawaslu Kab. Kukar M. Rahman. “Kepada Anggota Panwas Kecamatan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikotan tahun 2020 yang baru dilantik, kami ucapkan selamat. Saudara-saudara adalah orang-orang terpilih. Kami percaya saudara-saudara dapat menjalankan amanah besar ini. Bimbingan Teknis untuk anggota Panwas Kecamatan ini menjadi bagian penting bagi upaya Badan Pengawas Pemilu untuk mempersiapkan anggota Panwas Kecamatan yang mampu mengawal terselenggaranya Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikotan Tahun 2020 yang Demokratis dan sesuai prinsip-prinsip penyelengaraan Pemilihan sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016”.
“Anggota Panwas Kecamatan dituntut memahami tugas, wewenang, dan kewajiban yang diatur dalam undang-undang. Anggota Panwas Kecamatan memiliki peran penting dalam menjalankan tugas pengawasan di setiap tahapan pemilihan, mulai tahapan pembentukan penyelengara pemilihan yang bersifat adhoc, tahapan pemutahiran data pemilih, tahapan pencalonan, tahapan kampanye, tahapan pemungutan dan penghitungan suara, serta tahapan rekapitulasi hasil penghitungan suara”
“Selain, memahami tugas, wewenang, dan kewajiban, Anggota Panwas Kecamatan juga diharapkan memahami dan mempraktikkan kode etik dan pedoman prilaku penyelenggara Pemilu. Hanya dengan menjaga kode etik dan pedoman prilaku, marwah Badan Pengawas Pemilu dapat dijunjung.”
“Akhirnya, selamat mengikuti Bimtek dan menjalankan tugas bagi semua anggota panwas kecamatan pemilihan gubernur, bupati, dan walikota tahun 2020. Semoga Allah SWT meluruskan langkah kita dan memberi kekuatan pada kita semua dalam menjalankan amanat”.
Kegiatan Pelantikan Panwas Kecamatan Se-Kab Kukar ini dihadiri oleh Kasubag Administrasi Bawaslu Prov. Kaltim, Perwakilan dari Bupati Kab. Kukar, Kesbangpol Kukar, Ketua dan Anggota KPU Kab. Kukar, Perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Tenggarong, Perwakilan Polres Kukar, Perwakilan Dandim 0906 Tenggarong, Ketua DPRD Kukar, Organisasi Masyarakat dan Pemuda Se-Kukar, Camat Se-Kukar.

Pelantikan dan pengucapan sumpah janji dilanjutkan dengan Bimtek pembekalan tentang mekanisme kerja Panwas Kecamatan Se-Kabupaten Kutai Kartanegara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2020.

Penulis : Niks

Foto : M. Sahur

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *