• 27 Mei 2020
  • Tenggarong, Kalimantan Timur
Anggota | Ali Mukid, M.Pd

Anggota | Ali Mukid, M.Pd

Anggota Bawaslu Kabupaten Kutai Kartanegara, sekaligus menjadi koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kukar.

Cak Ali sapaannya setiap hari, dan nama aslinya Ali Mukid, lahir di Pamekasan, pada tanggal 14 januari 1986, beragama Islam, dengan memulai pendidikan di SDN 002 Blambangan, Pamekasan, Jawa Timur, lulus pada tahun 1999 dan dilanjutkan pendidikan Mts Nahdlatul Athfal Omben Sampang, Jawa Timur lulus pada tahun 2001, dan melanjutkan pendidikan di MA Nahdlatul Athfal Omben Sampang, Jawa Timur lulus pada tahun 2004.
Menghabiskan waktu pendidikannya dari SDN sampai Madrasah Aliyah di Jawa Timur, Cak Ali merantau ke Kalimantan Timur untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu berkuliah di Universitas Kutai Kartanegara lulus Strata 1 (S1) pada tahun 2013, hingga menyelesaikan Pendidikan Pasca Sarjana di IAIN Samarinda lulus pada tahun 2016.

Selama menempuh pendidikan, Cak Ali memperdalam pelajarannya melalu organisasi pelajar dan kemahasiswaan yaitu diantaranya IPNU Omben Sampang tahun 2001, HMI Cabang Tenggarong Tahun 2005, MPM Unikarta tahun 2010, dan menjadi pengurus PB HMI di Jakarta tahun 2013-2014.
Dalam pengalaman Kepemiliuan, Awalnya Cak Ali menjadi Relawan Demokrasi pada tahun 2009, kemudian menjadi Staf Panwas Kab Kukar pada Pemilu Pileg Pilpres tahun 2014, berlanjut menjadi Staf Panwas Kab Kukar Pilbup 2015, Staf Panwas Kab Kukar Pilgub 2018, dan sekarang menjadi Komisioner Bawaslu Kab. Kukar periode 2018-2023.

Divisi Hukum, Data dan Informasi hadir menyediakan informasi yang memadai untuk memudahkan masyarakat mengakses informasi tentang pengawasan pemilu, menyiapkan sarana atau fasilitas yang mudah bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi, pengaduan, dan/atau laporan pelanggaran pemilu.

Tanggungjawab divisi Hukum, Data dan Informasi ialah memastikan masyarakat mendapatkan informasi mengenai Bawaslu Kukar secara terbuka, karena Bawaslu sendiri badan publik maka divisi ini pun harus menyampaikan informasi kepada masyarakat secara terbuka tentang kepemiluan beserta tahapannya sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

Bukan hanya informatif, Divisi Hukum, Data dan Informasi juga bertanggung jawab untuk menyimpan dan memproses data-data dari seluruh divisi Bawaslu Kukar beserta kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara untuk dipublikasikan.

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *