Bawaslu Alor Gelar Sosialisasi Bersama Stakeholder

Ketua Bawaslu Alor Dominika Deran S. Pd didampingi Evember A. Molebila, S.A.P Selaku Kordinator Sekretariat Bawaslu Alor saat Pembukaan Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Tahapan Pemilu Tahun 2019 Bersama Stakeholder di Aula Hotel Pelangi, Senin (8/4/19) (Foto : Humas Bawaslu Alor).

Kalabahi, Humas Bawaslu Alor - Tepatnya tanggal 8 April 2019 bertempat di Hotel Pelangi Indah Kalabahi  pukul 09.00 Wita. Bawaslu Kabupaten Alor mengadakan kegiatan Sosialisasi bersama seluruh Stakeholder dalam rangka pengawasan tahapan Pemilu 2019. Kegiatan tersebut di hadiri oleh para Camat Se-kabupaten Alor, Polres Alor, Kepala Kejaksaan Negeri Kalabahi dan bagian Sekretariat Daerah Alor serta masing-masing pimpinan Partai Politik. Kegiatan ini di buka langsung oleh ketua Bawaslu Kabupaten Alor Dominika Deran S.Pd yang dalam arahannya mengatakan bahwa kerja sama dalam mengawasi tahapan Pemilu ini sangat dibutuhkan demi kelangsung dan kelancaran Pemilihan Umum Serentak yang akan di selenggarakan pada 17 April mendatang.

Kegiatan yang bermartabat ini dihadiri empat orang narasumber yaitu Ketua Bawaslu Kabupaten Alor, Ketua KPUD Kabupaten Alor, Polres Alor dan Kepala BKDSM Kabupaten Alor. Dalam kesempatan ini penyampaian materi pertama dibawahkan oleh Ketua KPU Kabupaten Alor mengenai gambaran umum pendropingan logistik dalam pemilu setentak yang mana Ia menjelaskan total surat suara yang rusak dari hasil sortiran dan  pihaknya akan berkordinasi dengan pihak atasan untuk bisa menanggulangi surat suara yang rusak, selain itu beliau menjelaskan penambahan satu TPS di  lembaga pemasyarakatan dan langka yang ditempu adalah melakukukan kordinasi ketingkat pusat dalam melaporkan jumlah surat suara yang rusak sesuai hasil sortiran untuk ditindak lanjuti.

Selanjutnya pemateri kedua yang dibawahkan oleh Kepala BKDSM Kabupaten Alor, beliau menjelaskan bahwa peran pemerintah dalam netralitas ASN pada Pemilu 2019, dalam peyampaiannya lebih menekankan pada sanksi dan larangan keterlibatan ASN dalam Pemilihan Umum sebagai mana yang termuat dalam Peraturan Pemerintah, seseorang ASN harus bersikap netral dalam menyukseskan Pemilu. kata kepala BKDSDM.

Dalam kesempatan yang sama dari pihak Kepolisian dengan materi terkait Tangkal Hoax Dengan Cakap (Cerdas, Kreatif Dan Produktif) dalam hal ini peran Polri dalam hal penanganan Pemilu 2019,  pihaknya menyampaikan bahwa sudah mengadakan Sentra Pelayanan Hukum Terpadu ( Sentra Gakumdu), dengan diadakannya Gakumdu ini sangat membantu demi kesuksesan Pemilu. kata Gunawan.

Selanjutnya Ketua Bawaslu Kabupaten Alor membawakan materi mengenai pengawasan tahapaan pemilu 2019. Dalam penyampaiannya bahwa tujuan diadakan kegiatan dimaksud adalah agar Pulik bisa mengerahui bagaimana peran tugas Bawaslu dan bagai mana rambu-rambu yang harus di taati baik oleh peserta pemilu, penyelenggara dan masyarakat, agar tidak melanggar rambu-rambu yang ada, selain itu juga beliau menjelaskan tentang tahapan-tahapan kampanye serta pelaksanaan pengawasan Pemilihan Umum 2019.