• 27 Mei 2020
  • Tenggarong, Kalimantan Timur
Pengawasan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020

Pengawasan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020

Bawaslu Kukar – Hari ini Rabu (19/02/2020) sesuai jadwal yang telah di tetapkan oleh KPU untuk dimulainya penerimaan penyerahan syarat dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020. Pasangam calon perseorangan yang telah menyerahkan syarat dukungan pada hari ini yaitu Bapaslon Eddy Subandi-Junaidi dan Bapaslon Ghufron Yusuf-Ida Prahastuty. 

Ketua KPU Kutai Kartanegara, Erlyando Saputra mengatakan bahwa setelah proses penerimaan penyerahan syarat dukungan selanjutnya akan dilakukan pengecekan jumlah dukungan dan sebaran “Terhitung ada 2 paslon yang sudah menginput di SILON dan hari ini menyerahkan dukungan fisik yang berupa 3 form yang diserahkan, yaitu B.1 KWK terkait surat pernyataan dukungan, lalu B.1.1 KWK terkait akumulasi yg memuat nama-nama pendukung, B.2 KWK terkait dengan jumlah sebaran dukungan” Ungkapnya

Dalam kesempatan yang sama Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kukar, Yulia Parlina mengungkapkan beberapa fokus pengawasan terkait tahapan Pencalonan Pemilihan tersebut, ia menegaskan bahwa mekanisme harus sesuai dengan peraturan serta dokumen dukungan yang akan diserahkan oleh bapaslon perseorangan harus sesuai dengan jumlah dukungan yang telah diinput dan sebaran.

“Terkait adanya pelaksanaan penerimaan penyerahan syarat dukungan calon perseorangan pada hari ini, Bawaslu melakukan pengawasan secara melekat, terkait mekanismenya yaitu ketepatan waktu penyerahan syarat dukungan, serta ketepatan dan kesesuaian jumlah dukungan dan sebaran” ungkapnya

Setelah proses penerimaan syarat dukungan serta pengecekan jumlah dukungan dan seberan ini berlangsung, maka selanjutnya pada 27 Februari s/d 25 Maret akan dilakukan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan.

Dalam melakukan pengawasan ini jajaran Bawaslu Kukar memastikan bahwa proses penyerahan serta pengecekan syarat dukungan sesuai dengan aturan yang berlaku dan  juknis. (MAP)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *