• 27 Mei 2020
  • Tenggarong, Kalimantan Timur
SILON KPU ERROR, Ketua Bawaslu Kukar : Kami berharap hal ini tidak terulang lagi, dan harus ada back up data.

SILON KPU ERROR, Ketua Bawaslu Kukar : Kami berharap hal ini tidak terulang lagi, dan harus ada back up data.

Tahapan pencalonan perseorangan atau jalur independen Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 19 s/d 23 Februari 2020 mendatang dengan terlebih dahulu melakukan input data dukungan pada Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Penggunaan Aplikasi ini sebagai bentuk transparansi dalam membangun integritas pemilu sekaligus dapat memudahkan bakal pasangan calon dan mengindari data ganda serta memudahkan kerja KPU dalam pengecekan data, dan hal itu di atur dalam peraturan KPU, namun Silon tersebut sempat mengalami Error pada detik-detik akhir.

Komisioner KPU, Novan  Surya Ghafilah menjelaskan “Server down pada aplikasi SILON ini terjadi diseluruh daerah Indonesia, tidak hanya pada KPU Kukar, maka dari itu kepada bu Ida sebagai bakal pasangan calon perseorangan bersama pak Ghufron yang telah menginput data untuk menginput kembali data yang telah di submit, namun tidak perlu melakukan pencetakan data tersebut dalam bentuk fisik” Tegasnya

Menyikapi hal ini Muhammad Rahman Ketua Bawaslu beserta anggota Bawaslu Ali Mukid memberikan masukan dan tanggapan, “Apa yang terjadi pada aplikasi silon ini sebenarnya disebabkan karena ada pengembangan aplikasi yang tidak dibarengi dengan sosialisasi terlebih dahulu, sehingga mengejutkan banyak pihak, dan data yang sudah terinput sebelumnya terhapus, kami berharap hal ini tidak terulang lagi, dan harus ada back up data,” Ujar Rahman.

Pada hari yang sama kegiatan dilanjutkan dengan memantau penginputan data pada aplikasi silon oleh bakal pasangan calon Eddy Subandi dan Junaidi, operator bakal pasangan calon Eddy Subandi dan Junaidi mengakan bahwa data telah di submit di aplikasi silon 44.777

Kehadiran bawaslu dalam setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU sebagai upaya untuk memastikan proses berjalan sesuai peraturan, “Langkah bawaslu adalah upaya bawaslu untuk memastikan proses sesuai dengan aturan yang ada” Ujar Ali Mukid. Pengawasan langsung monitoring penginputan ulang data pada silon yang dilakukan oleh bakal pasangan calon independen Ida Prahastuty dan H. M. Ghufron, serta pasangan calon Eddy Subandi dan Junaidi SE pada Senin (17/02/2020). Sebagai informasi, Calon perseorangan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara wajib memenuhi syarat minimal dukungan pasangan calon yaitu dengan jumlah DPT 485.563 Jiwa, maka syarat minimal dukungan adalah sejumlah  41.273 jiwa. (MAP)

administrator

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *