Pembinaan Berjenjang Pengawas Pemilu hingga Tingkat TPS melalui ToT

Kutai Kartanegara, Bawaslu Kukar Bawaslu Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan kegiatan pembinaan dan penguatan kelembagaan melalui Training of Trainer PTPS Pemilu Tahun 2024 (18 s/d 19/01/2024). Pada kegiatan ini, Bawaslu Kukar mengundang Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara. Tujuannya adalah memberikan pelatihan kepada Panwaslu Kecamatan yang nantinya akan secara berjenjang memberikan pelatihan yang sama kepada PKD dan juga PTPS.

Hadir pula untuk memberikan sambutan dan membuka acara Ketua Bawaslu Kaltim, Hari Dermanto. Hari mengatakan bahwa pengawas TPS merupakan ujung tombak lembaga Bawaslu dalam menjaga transparansi dan cermat dalam pemilu.

Ia juga mengingatkan bahwa pengawas TPS harus memahami dan menerapkan ketentuan-ketentuan yang berlaku, serta menangani segala permasalahan yang mungkin terjadi selama proses pemungutan suara. "Di sinilah peran pengawas TPS sangat diperlukan," ujar Hari.

Pelatihan untuk pelatih ini merupakan salah satu bentuk upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi Panwaslu kecamatan dalam mendelegasikan tugas kepada pengawas TPS. Harapannya, tidak ada perbedaan persepsi ataupun celah pengetahuan antar pengawas baik secara vertikal maupun horizontal. Sehingga proses pengawasan yang sesuai peraturan dapat dilaksanakan secara menyeluruh di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penulis: Fatra Yudha Pratama