Ketua dan Anggota Bawaslu Kukar Pastikan Kelengkapan Logistik Surat Suara

Kutai Kartanegara, Bawaslu Kukar Jelang pelaksanaan tahapan pungut hitung pada 14 Februari 2024 mendatang, berbagai persiapan telah dilakukan, salah satunya kelengkapan logistic pemilu. Kebutuhan logistik secara bertahap telah mendarat di KPU Kukar sejak Desember 2023 lalu. Logistik tersebut meliputi kotak suara dan surat surat. KPU Kukar menerima surat suara berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sudah ditetapkan pertengahan tahun 2023 lalu.

KPU Kabupaten Kutai Kartanegara kemudian melaksanakan proses sortir dan lipat surat suara Pemilu Tahun 2024 sejak tanggal 23 Desember 2023. Pada proses tersebut, Bawaslu Kukar terus melakukan pengawasan langsung sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Hingga tanggal 8 Januari 2024, proses pelipatan semua jenis surat suara Pemilu Tahun 2024 wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara telah selesai disortir dan dilipat.

Pengawasan Bawaslu Kukar menunjukkan bahwasanya ada beberapa surat suara yang dalam keadaan rusak atau tidak sesuai spesifikasi. Surat suara yang dalam kondisi baik dan sudah terlipat, selanjutnya akan didistribusikan sesuai kebutuhan TPS nya masing-masing.

Penulis: Fatra Yudha Pratama