Koordinasi Pencegahan Pelanggaran dan Pengawasan Tahapan Tungsura

Jakarta, Bawaslu Kukar Koordinator Divisi P2H Bawaslu Kabupaten Kutai Kartanegara, Munir Anshory menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Pencegahan terhadap Pelanggaran dan Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI (19 s/d 21/01/2024). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Persiapan Pengawasan Tahapan Tungsura yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Anggota Bawaslu, Totok Hariyono mengungkapkan perlu mempersiapkan sistem berjenjang terhadap hasil penghitungan suara di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Dia menegaskan, pengawas pemilu harus mengutamakan pencegahan pelanggaran pemilu yang dimulai dari Pengawas TPS (PTPS). otok mengingatkan agar Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota dapat membuat peta kerawanan sekaligus membentuk tim korwil (koordinator wilayah). Dia menyerukan untuk mengingatkan PTPS menjaga profesionalisme dan integritas.

Lebih lanjut, Lolly Suhenty selaku Anggota Bawaslu menyampaikan krusialnya tahapan tungsura ini.

"Tahapan pungut-hitung (tungsura) merupakan tahapan paling krusial sebagai final proses penyelenggaraan pemilu sebelum ditetapkan hasilnya. Perlu pemahaman dan perspektif kita yang sama dalam melakukan pencegahan pelanggaran dan penindakan (penanganan pelanggaran)," ucap Lolly.

Penulis: Fatra Yudha Pratama